Friday, December 4, 2015

SENAM TAICHI (SENAM AEROBIK LAMBAT)

SENAM TAICHI (SENAM AEROBIK LAMBAT)

Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
SENAM

DOSEN PEMBIMBING:
Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd.

Disusun Oleh :
Akbar Rasidyanto                    (150631600393)
Anggel Yaspis Priwi                 (150631605162)
Felix Ananta Hartono              (150631600602)
Mohamad Bagus Syarifudin    (150631600497)
Paramita Setyani Sasmita         (150631600997)
Add caption






PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA
FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
2015



KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayahnya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan Makalah tentang Senam yang berjudul ”Senam Taichi (Senam Aerobik Lambat)“. Shalawat serta salam penulis sampaikan kepada nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan pembawa kebenaran dan ilmu pengetahuan.
Makalah ini di susun dengan tujuan untuk memenuhi tugas Senam yang telah diberikan oleh Bapak Tatok Sugiarto selaku dosen penulis. Harapan penulis, semoga makalah  ini bermanfaat untuk menambah serta memperluas pengetahuan pembaca.
Kami sadar bahwa penyusunan makalah  ini masih jauh dari sempurna.Oleh sebab itu, saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan dari semua pihak khususnya pembaca agar penyusunan makalah bisa lebih baik lagi dan lebih efisien.











Malang, 28 Oktober 2015



Penulis



DAFTAR ISI

Kata Pengantar…………………………………………………………………....……........    I
Daftar Isi..................................................................................................................................   II
BAB I Pendahuluan
1.1  Latar Belakang……………………………...........................................……......................       1
1.2  Rumusan Masalah……………………………………………….…………………….......       1
1.3  Tujuan Penulis……………………………………………………………..…………........       1
1.4  Manfaat Penulis...................................................................................................................        1
BAB II Pembahasan
2.1  Pengertian Senam Taichi......................................................................................................       2
2.2  Sejarah Senam Taichi di Indonesia………………………………………………………          3
2.3  Perkembangan Senam Taichi di Indonesia..............................….......................................         4
2.4  Prinsip Senam Taichi…………………………………………………………………….          4
2.5  Beberapa Hal Yang Harus Di Perhatikan Ketika Menjalani Senam Taichi……………...         4
2.6  Beberapa Hal Yang Harus Digaris Bawahi Bagi Penderita Sakit Tertentu……………...          5
2.7  Manfaat Senam Taichi………………………………………………………………..….          5
BAB III Penutup
3.1  Kesimpulan……………………............................................................................……....          7
3.2  Saran ……………………………………………………………...…………..………....          7
Daftar Pustaka ……………………………………………………………………………         8



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Dewasa ini banyak manusia lanjut usia yang melakukan Olahraga. Biasanya olahraga yang dilakukan berupa jalan kaki, jogging, berenang, senam dan lain sebagainya. Semua ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kesehatan agar badan tetap sehat dan bugar. Para lansia melakukan olahraga biasanya tidak mengetahui program latihan yang telah ditentukan, padahal progres itu sangat penting, karena apabila latihan itu tidak cocok atau tidak sesuai dengan programnya, kemungkinan besar latihan tersebut tidak mempunyai efek terhadap tubuh.
Didalam olahraga untuk kebugaran jasmani tidak hanya berpengaruh terhadap fungsi fisiologis saja, tetapi kebugaran jasmani dapat menghilangkan ketegangan, menambah rasa percaya diri, membentuk jiwa sportif, mengajarkan sikap sabar, gembira, dan melatih konsentrasi. Dengan demikian olahraga untuk kesegaran jasmani tidak hanya berpengaruh pada fisik saja, tetapi juga berpengaruh pada mental (psikologis). Para lansia yang pola hidup sehari-harinya tidak banyak bergerak (sedenter), akan mudah terkena berbagai macam penyakit, misalnya : Jantung Koroner, kegemukan (penumpukan lemak), disfungsi paru-paru, dan lain sebagainya. Maka agar lansia tidak mudah terkena berbgai macam penyakit, maka harus berpola hidup yang aktif, yaitu melakukan aktivitas olahraga sesuai dengan usinya agar apa yang telah dilakukan berjalan dengan efektif.
Adapun macam Olahraga yang banyak dilakukan pada saat ini, diantaranya adalah olahraga senam Taichi. Senam ini sesuai dengan kemampuan yang dimiliki lansia. Dapat diiidentikkan sebagai senam ‘aerobik lambat’ kalau bahasa filmnya ‘slow motion’. Dinamakan seperti itu, karena gerakan senamnya memang relatif lambat (pelan). Meskipun gerakannya lambat, tidak mempengaruhi manfaat dari senam tersebut.       

1.2  Rumusan Masalah
1.           Apa Pengertian Senam Taichi ?
2.           Bagaimana Sejarah Senam Taichi di Indonesia ?
3.           Bagaimana Perkembangan Senam Taichi di Indonesia ?
4.           Hal Apa Yang Harus Diperhatikan Ketika Menjalani Senam Taichi ?
5.           Hal Apa Yang Harus Digaris Bawahi Bagi Sakit Tertentu ?
6.           Bagaimana Manfaat Senam Taichi ?
1.3  Tujuan Penulis
1.      Mendeskripsikan Pengertian Senam Taichi ?
2.      Mendeskripsikan Sejarah Senam Taichi di Indonesia ?
3.      Menjelaskan Perkembangan Senam Taichi di Indonesia ?
4.      Menjelaskan Hal Apa Yang Harus Diperhatikan Ketika Menjalani Senam Taichi ?
5.      Menjelaskan Hal Apa Yang Harus Digaris Bawahi Bagi Sakit Tertentu ?
6.      Mendeskripsikan Manfaat Senam Taichi ?
1.4  Manfaat Penulis
a)      Dapat memberikan pemahaman tentang Senam Taichi.
b)      Untuk menerapkan Senam Taichi bagi lansia.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Pengertian Senam Taichi

Taichi adalah sebuah bentuk seni beladiri dan senam kesehatan aliran halus dari Tiongkok. Kata Taichi pertama kali ditemukan didalam “Kitab Perubahan” pada zaman dynasti Zhou. Dalam kitab itu dikatakan: “ Dimana ada Taichi disitu tercipta kedamaian dan harmoni antara positive dan negative” . Taichi juga dapat  berarti supremacy atau yang tertinggi, kemutlakan, ke-ekstreem-an dan keunikan Taichi terbagi menjadi berbagai "gaya" yang pada dasarnya berasal dari satu akar dan konsep dasarnya hampir sama, namun bentuk gerakannya berbeda-beda. Keberagaman bentuk gerakan taichi sehingga menambah khazanah pengetahuan para pecinta Taichi.
Berikut adalah contoh gambar Senam Taichi :
                                                 
    Gambar 1                           Gambar 2                         Gambar 3
  Macam-macam Gerakan Pada Senam Taichi : Gambar 1, Gambar 2 dan Gambar 3.

Ada juga yang namanya Taichi Quan, Taichi ini mengambil nama dari implikasi dari superioritas. Tai Chi Quan menemukan namanya ketika seorang master Wushu sekuler dari Shanxi, master Wang Zongyue menggunakan phylosophy positive-negative dari Kitab Perubahan untuk menjelaskan prinsip2 dari Chuan.
Beberapa gaya Taichi yang terkenal adalah gaya Chen, gaya Yang, gaya Sun dan gaya Wu. Yang paling terkenal adalah gaya Yang, gaya ini telah menjadi standar pengajaran Taichi ke seluruh dunia, yaitu lewat sebuah rangkaian gerak yang disebut "Beijing 24 step" atau Senam Taichi gaya 24 langkah yang telah distandarisasi oleh pemerintah Tiongkok sebagai bentuk baku untuk mengajarkan Taichi.
Disamping sebagai olahraga bela diri, Olahraga taichi juga yang dalam bentuk senam taichi. Senam taichi ini sekarang sangat digemari oleh masyarakat, karena memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik.  Dengan latihan yang tekun dan sangat mendalam, senam taichi bisa digunakan untuk keperluan therapy atau pengobatan untuk berbagai macam penyakit.
Melihat apresiasi masyarakat dunia terutama masyarakat Asia terhadap olahraga taichi. Kemudian pemerintah Tiongkok menciptakan jurus standar untuk pengajaran senam Taichi ini sebagai bagian dari olahraga Wushu , yang dikenal dengan nama 24 langkah Taiji Beijing pada tahun 1956, dan 42 langkah Taiji kompetisi pada tahun 1989. Kedua set standar ini dianggap lebih mudah untuk diajarkan dan ditampilkan dari pada jurus tradisional yang lebih panjang dan sulit.



2.2  Sejarah Senam Taichi di Indonesia
Senam Taichi berasal dari daratan China. Senam Taichi adalah senam yang terhitung sudah tua. Senam Thaici menurut legenda China diciptakan oleh Zhang Sanfeng (di Indonesia dikenal sebagai Thio Sam Hong) yaitu seorang pendeta Tao yang hidup pada abad ke-12, dan dari ajaran beliau ini kemudian dikembangkan oleh Chen Wangting pada  abad ke-15. Dari ajaran Chen Wangting inilah lahir Taichi gaya Chen, yaitu Taichi gaya  yang tertua. Gaya Chen ini kemudian dimodifikasi lagi oleh murid-murid di generasi berikutnya, sehingga lahirlah gaya Yang, didirikan oleh Yang Luchan pada abad ke-16, gaya Wu oleh Wu Yuxiang pada abad ke-17 dan gaya Sun oleh Sun Lutang pada abad ke-19.
Kata Tai Chi pertama kali ditemukan didalam “Kitab Perubahan” pada zaman dynasti Zhou. Disana dikatakan : “ Dimana ada Tai Chi disitu tercipta kedamaian dan harmoni antara positive dan negative” . Tai Chi sendiri berarti supremacy atau yang tertinggi, kemutlakan, ke-ekstreem-an dan keunikan. Tai Chi Quan mengambil nama dari implikasi dari superioritas. Tai Chi Quan menemukan namanya ketika seorang master Wushu sekuler dari Shanxi, master Wang Zongyue menggunakan phylosophy positive-negative dari Kitab Perubahan untuk menjelaskan prinsip2 dari Chuan.
Banyak pendapat berlainan tentang asal muasal Tai Chi Quan. Ada yang mengatakan bahwa itu adalah  ciptaan dari Zhang Sanfeng pada jaman dinasti Song (961 – 1279) sementara yang lain mengatakan bahwa itu diciptakan oleh Han Gongyue dan Cheng Lingxi pada jaman dinasti Liang (502 – 557). Ada juga yang mengatakan bahwa itu diciptakan oleh Xu Xuanping atau Li Daozi pada jaman dinasti Tang (618 – 907). Hingga saat ini tidak ada catatan sejarah yang dapat membuktikan kebenarannya. Antara legenda dan catatan bercampur menjadi satu. Menurut penyelidikan yang dilakukan oleh Tang Hao, seorang ahli sejarah Wushu, Tai Chi Quan pertama kali dilatih dan dipraktekkan didalam keluarga Chen dilembah Chenjia yang terletak di desa Wenxian di propinsi Henan. Penggubah pertama dari Tai Chi Chuan adalah Chen Wangling, seorang guru dan ahli bela diri. Chen menggabungkan pemahaman2nya tentang latihan olah bathin peninggalan leluhurnya; falsafah tentang positive dan negative didalam Kitab Perubahan dan teori ilmu pengobatan China jalan darah dan aliran darah, aliran udara dan energy didalam tubuh manusia dengan latihan dan praktek Wushu dalam keseharian.
Seiring dengan berjalannya waktu senam Taichi kemudian berkembang menjadi bentuk latihan yang digemari oleh masyarakat luas, karena memiliki manfaat kesehatan yang baik. Dengan latihan yang tekun dan  mendalam, Senam Taichi selain untuk kesehatan juga bisa digunakan untuk pembelaan diri. Dalam hal ini pemerintah Tiongkok kemudian menciptakan jurus standar untuk pengajaran senam Taichi ini sebagai bagian dari olahraga Wushu , yang dikenal dengan nama 24 langkah Taiji Beijing pada tahun 1956, dan 42 langkah Taiji kompetisi pada tahun 1989. Kedua set standard ini dianggap lebih mudah untuk diajarkan dan ditampilkan daripada jurus tradisional yang lebih panjang dan sulit.

Di Indonesia senam taichi dikembangkan oleh perguruan wushu dan kungfu.  Selain dikembangkan di klub-klub Wushu, dikembangkan juga senam Taichi di klub-klub khusus Taichi yang tidak menekankan pada kompetisi Wushu, misalnya di klub olahraga Pernapasan, dan masih banyak lagi klub-klub lainnya.


2.3  Perkembangan Senam Taichi di Indonesia
Hingga kini, senam Taichi masih menjadi bagian dari pelajaran di berbagai klub wushu dan kungfu di Indonesia. Atlit Wushu di Indonesia, Zaenab berhasil memperoleh medali perunggu di nomor Taichi yang diadakan pada Asian Games 1998 di Bangkok, Thailand.
Selain dikembangkan di klub-klub Wushu, dikembangkan juga senam Taiji di klub-klub khusus Taiji yang tidak menekankan pada kompetisi Wushu, misalnya di klub PORPI (Persatuan Olahraga Pernapasan Indonesia), Klub Taichi Adipranata, dan masih banyak lagi klub-klub lainnya, Selain itu juga terdapat beberapa Master Taiji yang bersifat independen, yang tidak mendirikan perguruan khusus, tapi mengajarkan kepada beberapa murid tertentu secara personal.
2.4  Prinsip Senam Taichi
Prinsip Senam Taichi Adalah terdiri dari 3 bagian :
1.      Setiap Pesenam harus dalam kondisi menghilangkan pikiran dan bermeditasi selama berlangdungnya senam.
2.      Para Pesenam harus mampu mengatur pernafasannya secara halus, panjang dan dalam, berkesinambungan, yg dikeluarkan dan dimasukan ke dalam dada secara teratur sesuai aba-aba.
3.      Gerakan senam Tai Chi harus benar, dan harus memenuhi kaedah Yin dan Yang, dimana dlm kelembutan gerakan terdapat tarikan-tarikan otot yg kuat.
Apabila seorang peserta senam taichi telah mampu malaksanaka ke 3 unsur tersebut dengan benar, maka selama senam apalagi di akhir senam, orang tersebut akan merasakan kesegaran yg luar biasa.
Selama berabad-abad, orang Cina sudah menjaga kesehatan mereka dengan cara melakukan tai chi. Olahraga ini merupakan hasil kombinasi dari meditasi, gerakan-gerakan yang lambat dan pernapasan. Walaupun kelihatannya seperti sedang tak berolahraga, taichi akan membantu menguatkan tulang belakang dan meningkatkan fleksibilitas kita.
2.5  Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Menjalani Senam Taichi
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para peserta senam taichi sebelum dan sesudah menjalankan :
A.    Saat Menjalankan
1)      Memperhatikan pelajaran dari pelatih.
2)      Para peserta melakukannya dengan kesabaran, keyakinan, dan rutinitas tetap yakni setiap hari.
3)      Para peserta dianjurkan untuk meninggalkan segala jenis latihan bela diri selama menjalankan senam taichi
B.     Menjalankan secara Perorangan atau Sendiri
1)   Senam Taichi dilakukan minimal sehari satu kali selama 5 - 30 menit, dan harus diawali dengan latihan pendahuluan (pemanasan).
2)   Waktu Menjalankan serasi. Bila dilakukan pada pagi hari maka antara jam 5.00 sampai dengan 7.00. Bila dilakukan sore hari, maka dimulai sekitar jam 17.00.

3)   Tempat Senam Taichi

a)      Di lapangan terbuka atau ruangan yang cukup sirkulasi udaranya.
b)      Tidak di tempat yang berangin kencang.
c)      Tidak di areal pekuburan/hutan lebat/bangunan tua kosong.
d)     Jika dilakukan di ruang ber-AC, maka keringat harus sering - sering diseka dan pakaian juga harus diganti guna menjaga temperatur tubuh tetap hangat.
4)      Usai Senam Taichi
a)      Jangan minum es.
b)      Jangan duduk di bawah hembusan kipas angin/AC.
c)      Jangan langsung melakukan hubungan seks habis senam taichi.
d)     Jangan langsung makan dan mandi (atau sekedar membersihkan tangan), tunggu sekitar 30 - 60 menit kemudian.

2.6  Beberapa Hal Yang Digaris Bawahi Bagi Penderita Sakit Tertentu

1.      Penderita darah tinggi, diabetes, jantung tetap melanjutkan pengobatan sesuai petunjuk dokter.
2.      Penderita rematik/radang persendian, setelah 2-3 bulan berlatih Senam taichi akan merasa sakitnya bertambah parah, padahal hal itu adalah pertanda baik karena bagian dari proses penyembuhan.
3.      Penderita jantung, dianjurkan mempraktekkan latihan pendahuluan selama 1 bulan terlebih dahulu lalu mulai ke latihan senam taichi yang sesungguhnya.
4.      Yang tidak kuat berdiri, dapat duduk di bangku dengan kedua kaki diatas lantai.
5.      Para peserta senam taichi yang mempunyai keluhan sakit diharapkan mengkomunikasikan sakitnya kepada pelatih agar pelatih dapat melakukan pengamatan yang teratur dan seksama.

2.7  Manfaat Senam Taichi
Tai chi merupakan jenis olahraga yang berkembang di Cina sejak abad ke-16. Ini merupakan jenis olahraga yang menggabungkan gerakan tubuh, olah pernafasan, dan meditasi. Berbeda dengan olahraga senam lain, gerakan dalam senam tai chi cenderung lambat karena menekankan pada fokus dan keselarasan gerakan serta pengolahan nafas.
Menurut dr. Alvin Nursalim, dalam tulisannya, pernah dilakukan sebuah studi terhadap 156 orangtua berusia 70-92. Mereka diberikan latihan senam taichi sebanyak tiga kali seminggu dalam enam bulan. Efeknya adalah, mereka yang melakukan latihan tersebut memiliki risiko terjatuh dibanding mereka yang hanya melakukan peregangan biasa.  Kejadian jatuh merupakan masalah yang sering dialami oleh lansia.
Efek lainnya adalah, lansia yang mempraktekan senam tai chi memiliki rasa percaya diri lebih tinggi dibanding lansia lainnya. rasa percaya diri tersebut ditunjukkan dengan berkurangnya rasa takut terjatuh ketika mereka melakukan aktivitas.
Selain itu kelompok orang tua yang melakukan Taichi juga merasa lebih percaya diri, hal ini ditunjukkan dengan berkurangnya rasa takut untuk jatuh. hal ini karena gerakan senam taichi mampu melatih keseimbang dan koordinasi gerakan otot dengan selaras.
Berbagai literatur lain menyebutkan jika senam taichi juga memiliki pengaruh pada kesehatan jantung dan otak. Latihan pernafasan dalam senam taichi diindikasi memiliki manfaat dalam mengalirkan oksigen yang membantu kelancaran peredaran darah di dalam tubuh. Sehingga aktivitas jantung dan otak terjaga. (Wiko Rahardjo)






















BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan

Taichi adalah sebuah bentuk seni beladiri dan senam kesehatan aliran halus dari Tiongkok. Kata Taichi pertama kali ditemukan didalam “Kitab Perubahan” pada zaman dynasti Zhou. Dalam kitab itu dikatakan: “ Dimana ada Taichi disitu tercipta kedamaian dan harmoni antara positive dan negative” . Taichi juga dapat  berarti supremacy atau yang tertinggi, kemutlakan, ke-ekstreem-an dan keunikan Taichi terbagi menjadi berbagai "gaya" yang pada dasarnya berasal dari satu akar dan konsep dasarnya hampir sama, namun bentuk gerakannya berbeda-beda. Keberagaman bentuk gerakan taichi sehingga menambah khazanah pengetahuan para pecinta Taichi.
Dalam hal ini Senam Taichi merupakan Senam yang sangat digemari oleh masyarakat, karena memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik.  Dengan latihan yang tekun dan sangat mendalam, senam taichi bisa digunakan untuk keperluan therapy atau pengobatan untuk berbagai macam penyakit.
Untuk itu, senam taichi sangatlah bermanfaat bagi masyarakat luas, dengan Senam taichi kesehatan, keseimbangan, dan koordinasi gerak otot pada manusia bisa menjadi lebih baik.

3.2  Saran
Masih banyak kesalahan dari penulisan ini,penulis butuh saran dan kritik agar bisa menjadi motivasi untuk masa depan yang lebih baik. Penulis ucapkan terima kasih atas dosen pembimbing mata kuliah Senam Bapak Tatok Sugiarto yang telah memberi penulis tugas.
Kritik dan saran selalu penulis harapkan dari dosen pembimbing, audien  atau para pembaca khususnya untuk meningkatkan pengetahuan yang lebih luas dan untuk memperbaiki tugas-tugas yang selanjutnya.











                                            DAFTAR PUSTAKA

Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian, Edisi kelima. Malang: Universitas Negeri Malang.
http://www.olahragakesehatajasmani.com/2015/01/pengertian-senam-taichi.html?m=1po


1 comment:

  1. Tahun baru telah menanti kita semua, menjelang akhir tahun kami S1288poker akan membagikan Free chips untuk anda semua member setia S1288poker. Mau chips gratis? dan hadian nya?
    Mari bergabung sekarang juga hanya DI S1288poker

    untuk info lebih lanjut silakan hubungi kontak CS S1288poker di bawah ini
    BBM - 7AC8D76B
    WA - 08122221680
    LINE : S1288_POKER

    Salam JP
    by S1288poker.

    ReplyDelete